Advertise

Rumah Budaya Madura IKBM Kalimantan Barat photo RumahBudayaMaduraIKBMKalbar_zpscf4181e8.jpg
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Rabu, 31 Desember 2014

Sehari IKBM Kumpulkan Dana Rp 330 Juta

0 komentar


Sehari IKBM Kumpulkan Dana Rp 330 Juta

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalimantan Barat, Sukiryanto optimis pembangunan Rumah Budaya Madura terwujud.

"Dari hasil pengumpulan dana yang digelar di Hotel Mercure pada acara pengukuhan pengurus IKBM periode 2014-2019, dana yang terkumpul sebesar Rp 330 juta," terang Sukiryanto, kepada Tribunpontianak.co.id, Selasa (30/12/2014). 

Dengan terkumpulnya dana sebesar itu, menunjukkan ada dukungan dari warga Madura di Kalbar. Rencananya, rumah budaya itu akan dibangun 2015, jika lahannya sudah tersedia.
Pihaknya dalam waktu dekat akan mengajukan permohonan pinjam pakai lahan ke pemerintah Provinsi Kalbar. Dia berharap, nantinya pembangunan rumah budaya itu bisa berdampingan dengan rumah budaya yang ada di Kota Baru, rumah adat Melayu dan rumah Radakng. 

"Kita berharap rumah budaya ini bisa berdampingan. Sehingga, jika terjadi persoalan sosial antar etnis, kita bisa cepat melakukan pertemuan untuk duduk bersama menyelesaikan masalah yang terjadi," kata Sukir.

Jika nantinya tak bisa berdampingan, di tempat lain tak menjadi persoalan karena yang terpenting pemerintah meminjamkan lahannya. Jika pemprov tidak menyediakan lahan, rencana pembangunan rumah budaya tetap dilaksanakan. Namun demikian, akan memerlukan waktu lebih lama.

"Kita hanya pinjam lahan, mengenai pembangunan fisiknya swadaya. IKBM merupakan mitra pemerintah yang ikut andil dalam pembangunan daerah. Harusnya, diakomudir. Rencana ini sudah saya sampaikan kepada Gubernur Kalbar, Cornelis," imbuh Sukir.

Bagi warga yang ingin menyumbang untuk pembangunan Rumah Budaya Madura bisa transfer ke Rekening IKBM Kalbar di Bank Syariah Mandiri KCP Pontianak dengan nomor rekening 1003008009.

Leave a Reply

 
Madura at West Borneo © 2014 | Designed By Blogger Templates